Pages

13 Cara menjaga kesehatan mata

Ada yang bilang bahwa mata merupakan jendela hati. Tapi jangan tanya dimana pintunya. Semua pasti pernah mendengar peribahasa tersebut, tapi tidak semua orang menyadari pentingnya menjaga kesehatan mata. Menjaga kesehatan organ penglihatan yang satu ini sama pentingnya seperti menjaga kesehatan jantung.

                          


Menjaga kesehatan mata sebenarnya tidak terlalu sulit. Kita bisa mulai dengan menghilangkan kebiasaan buruk dan menggantinya dengan kebiasaan-kebiasaan barik yang dapat menyehatkan mata kita. Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk merawat dan menjaga kesehatan mata kita.    

           

Cara menjaga kesehatan mata :

1. Bersihkan mata
bersihkan daerah sekitar mata, terutama menjelang tidur. Penggunaan air rebusan daun sirih untuk membersihkan bagian dalam mata tidak disarankan karena belum memiliki pembuktian secara klinis. 

2. Hindari kebiasaan mengucek mata
jika mata anda terasa gatal, jangan langsung buru-buru mengucek mata anda. Tangan anda belum tentu bersih, bisa saja mengandung kuman yang dapat menyakiti mata. Sebaiknya percikkan obat tetes mata atau air di mata anda.

3. Perbanyak makan buah dan sayuran
Wortel sarat akan beta karoten yang sangat membantu dalam menjaga kesehatan mata. Itu dikarenakan beta karoten merupakan antioksidan yang dapat mengurangi risiko degenerasi makula.

4. Lindungi mata
Lindungi mata dari sinar ultraviolet dengan menggunakan kacamata hitam. Paparan sinar ultraviolet pada mata bisa mengakibatkan penyakit katarak, penurunan fungsi retina, dan kanker.

5. Istirahatkan mata anda
Jika anda terlalu lama menghadap komputer tentu mata anda akan sakit. Jangan paksa mata anda untuk terus-menerus bekerja. Istirahatkan mata selama beberapa menit untuk menghindari rasa sakit.

6. Kurangi penggunaan tetes mata
Mengurangi pemakaian obat tetes mata. Menggunakan tetes mata untuk mengatasi mata merah boleh saja, namun hanya sesekali. Jika berlebihan, itu malah akan merusak kesehatan mata anda.

7. Lakukan tes mata secara teratur
Tidak ada salahnya untuk mendapatkan tes mata anda secara teratur. Hal ini dapat membantu mendiagnosa dan mencegah kondisi mata seperti katarak , degenerasi makula dan glaukoma.

8. Jangan langsung melihat cahaya yang terlalu terang
Jangan langsung melihat cahaya yang terlalu terang. Jangan fokuskan mata anda pada sinar matahari, karena dapat merusak mata anda.

9. Ganti softlens secara teratur
Jika anda menggunakan softlens, maka anda harus menggantinya secara rutin. Anda tidak bisa memakainya selama setahun penuh. Selain itu jaga kebersihan softlens agar tidak menodai mata anda.

10. Jangan membaca dalam cahaya redup
Untuk menjaga kesehatan mata, hindari membaca dalam cahaya lampu yang redup yang bisa menyebabkan ketegangan mata. Jika mata terasa lelah, berhenti untuk sementara waktu dan beristirahat.

11. Gunakan mentimun
Gunakan mentimun untuk mengompres kelopak mata anda. Taruh irisan mentimun yang dingin dan lembut di atas kelopak mata selama 10 menit sebelum tidur di malam hari untuk mencegah bengkak.

12. Kenakan kacamata di saat yang tepat
Pastikan untuk memakai kacamata atau memakai pelindung mata lainnya ketika bekerja di sekitar bahan kimia atau tempat dengan partikulat udara yang berbahaya.

13. Lutein dan zeaxanthin
Dua serangkai ini akan bahu membahu menjaga kesehatan mata anda. Sumber lutein bisa anda dapatkan dari makanan seperti sayur bayam, kangkung, lobak, selada, kacang polong, kol, wortel, telur rebus dan buah kiwi. Kemudian, untuk mendapat kandungan zeaxanthin, seseorang hanya bisa menambahkan makanan seperti kunyit, paprika dan spirulina.


Makanan untuk kesehatan mata : 

Beberapa jenis makanan mengandung zat yang mampu menjaga kesehatan mata. Bukan cuma wortel, tapi masih banyak makanan lainnya. Nah, berikut ini beberapa jenis makanan yang baik dan dapat menyehatkan mata.


1. Alpukat
Alpukat seringkali diremehkan dan dijauhi karena dianggap membuat gemuk. Padahal mengkonsumsi alpukat dapat menekan kolesterol dan membantu memerangi penyakit lainnya. Alpukat mengandung banyak lutein dan kaya akan vitamin E. Alpukat juga bisa meningkatkan kadar karotenoid pada makanan lain. Mengkonsumsi alpukat dengan bayam dan wortel tentu bisa meningkatkan kadar nutrisi yang bisa menyehatkan mata Anda.

2. Telur
Telur, terutama kuning telur memberikan beberapa nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan penglihatan. Makan satu telur setiap hari dapat meningkatkan tingkat lutein dan zeaxanthin dalam darah hingga 25 - 30%. Telur juga sumber vitamin A, B, dan seng.

3. Ikan salmon
Salmon seringkali disebut sebagai makanan otak. Padahal vitamin A, D, dan omega-3 yang dikandung oleh salmon tidak hanya bagus untuk otak, melainkan juga mata dan seluruh tubuh. Banyak ikan yang sejenis dengan salmon juga mengandung nutrisi yang baik untuk otak dan mata.

4. Bawang putih dan bawang merah
Bawang putih dapat meningkatkan sistem imun, menyembuhkan demam, menurunkan kadar kolesterol jahat, bahkan menghilangkan parasit dalam tubuh. Tidak mengejutkan jika bawang putih juga bagus untuk kesehatan mata. Bawang putih dan bawang merah kaya akan sulfur yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan glutathione. Glutathione adalah antioksidan yang bagus untuk lensa mata. Bawang putih dan bawang merah juga bagus untuk memelihara kesehatan mata.

5. Sayuran hijau
Bayam, kale, sawi, brokoli, dan kubis adalah sayuran hijau. Sayur-sayuran itu mengandung banyak vitamin dan mineral termasuk folic acid, vitamin A, B12, vitamin C, kalsium, dan kaya akan karotenoid (terutama lutein dan zeaxathin). Ingat, sayuran hijau tidak boleh dimasak terlalu matang atau Anda akan kehilangan semua nutrisinya.

6. Buah-buahan berwarna kuning dan oranye
Wortel, adalah makanan klasik yang dapat membantu meningkatkan kesehatan mata. Selain wortel, buah-buahan lain yang berwarna kuning dan oranye seperti labu, jeruk peras, dan ubi jalar juga mengandung vitamin A (beta caroten) yang baik untuk retina dan dapat melindungi mata Anda dari bahaya sinar matahari.

7. Coklat hitam, buah berry berwarna hitam, dan anggur merah
Coklat hitam mengandung flavonoid yang dapat melindungi pembuluh darah di mata Anda. Segelas anggur merah setiap hari juga dapat memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan termasuk untuk kesehatan mata, jantung, dan sirkulasi darah. Sementara buah beri hitam (bilberry) mengandung anthocyanosides yang menambah aliran darah pada mata.


Rekomendasi :

Nutrient Calcium Powder (NHCP) : mengandung Zymolitic Bone calcium powder (AA-Ca), vitamin A,D,B1,B2, protein, asam amino, dan mikro nutrient... read more

Zinc capsules : mengatasi kurang nafsu makan, diare, meningkatkan pertumbuhan tulang, penyembuhan luka lambat, sariawan dan panas dalam, pertumbuhan terhambat, cacat kandungan, jerawat, dll... read more

Vitaline softgel capsules : mengandung Beta Carotene yang merupakan anti oksidan yang berguna untuk membersihkan radikal bebas, meningkatkan imunitas tubuh, mencegah tumor, thrombus, pengerasan nadi, anti aging... read more

Renuves capsules : mengandung bubuk wortel mengandung beta carotene yang sangat dibutuhkan oleh mata, lambung, dan paru-paru... read more

Sehat itu Nomer 1

Agen Resmi Terpercaya, SMS / WA : 08157.136868, Pin BB : D85552EA, bersertifikat BPOM, Halal MUI.

Peninggi / Pelangsing / Pemutih / Penggemuk Ready, klik disini

Testimoni Pengiriman Pasti Sampai @Sehatitunomer1, klik disini

Peluang Usaha (Member), klik disini

Cara Pemesanan (Order), klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar