Pages

Tips memilih kalsium yang baik

Kalsium merupakan salah satu mineral yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang lebih banyak dari mineral lain. Normalnya, kandungan kalsium mencapai 1,5 % sampai 2,2% dari berat tubuh, atau dengan total berat berkisar antara 700 g – 1.400 g. sekitar 99% dari kalsium tersebut terdapat di dalam tulang dan gigi. Sisanya sebanyak 1% tersebar di dalam cairan tubuh dan jaringan lunak dalam bentuk larutan. Kalsium tersebar di dalam dan diluar pembuluh darah, di dalam dan diluar sel di seluruh tubuh, dan ikut serta dalam berbagai aktivitas kehidupan.


Kalsium bersirkulasi dalam darah untuk membantu mengantarkan nutrisi ke dalam membran sel dan berperan dalam produksi hormon dan enzim yang mengatur pencernaan dan metabolisme. Kalsium juga diperlukan dalam komunikasi normal antar sel-sel syaraf, untuk pembekuan darah, untuk penyembuhan luka, dan untuk kontraksi otot termasuk otot jantung. 

Jika persediaan kalsium dalam darah kurang, maka tubuh akan mencurinya dari tulang, dan jika terjadi terus menerus dapat menyebabkan tulang keropos dan rapuh. Hanya asupan kalsium yang cukup setiap hari dapat menjaga keseimbangan yang sehat dalam darah dan ekstra cadangan dalam tulang. 


Kalsium juga dapat menurunkan risiko kanker usus besar dengan cara membatasi efek iritasi dari asam empedu dalam usus. Penelitian lain mengindikasi bahwa pola makan yang cukup kalsium seperti buah dan sayuran dapat menurunkan tekanan darah tinggi seperti obat. 

Kekurangan kalsium
Kekurangan kalsium dapat menyebabkan gejala-gejala sebagai berikut :
  1. Masa hamil : gigi linu, sakit punggung dan pinggang ngilu, teganf, lemah, mual di pagi hari, insomia, kram.
  2. Masa menyusui : gigi sakit dan linu, sakit pinggang, kram, osteoporosis, tulang mudah patah.
  3. Masa pertumbuhan : pertumbuhan terlambat, imunitas tubuh menurun, mudah terserang influenza, pertumbuhan tulang tak baik, kebusuksn gigi dan mata minus.
  4. Orang dewasa : kram otot, tegang dan sulit tidur, jantung berdebar tak normal, badan sering pegal.
  5. Menopouse : sakit pinggan, insomnia, tegang, emosi labil(suasana hati tak baik)
  6. Manula : insomnia, osteoporosis, tulang mudah patah, tinggi badan menyusut, sakit punggung dan pinggang, tulang terasa ngilu dan midah kram.
Kebutuhan kalsium tubuh manusia setiap hari.
Berdasarkan Recommended Daily Allowance (RDA) USA, maka umlah kalsium yang dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari berdasarkan golongan  adalah sebagai berikut :

Fungsi kalsium terhadap mekanisme tubuh

  • Kalsium merupakan regulator aktivitas kehidupan tubuh manusia.
  • Kalsium mengemban fungsi fisiologis yang penting dalam tahap pertumbuhan manusia, mulai dari anak-anak sampai dewasa bahkan hingga usia tua. Kalsium merupakan unsur penting yang tak boleh kurang untuk menjamin tubuh sehat dan usia panjang.
  • Kalsium sangat penting dalam pembentukan tulang dan gigi pada anak-anak dan remaja yang sedang tumbuh, dan mempunyai fungsi penting dalam mempertahankan setruktur normal sel, penyampaian pesan saraf, melenturkan otot, dan mempertahankan denyut normal jantung, serta berperan dalam mengendalikan pembekuan darah dan tekanan darah.

Unsur yang mempengaruhi penyerapan kalsium.

1. Keadaan tubuh
Secara umum, sewaktu tubuh kekurangan kalsium, maka tingkat penyerapannya tinggi, sewaktu kadar kalsium dalam tubuh cukup, maka tingkat penyerapannya rendah.

2.Usia
Anak-anak dan remaja yang sedang tumbuh dan berkembang mempunyai fungsi penyerapan yang kuat. Seiring dengan bertambahnya usia, tingkat penyerapan kalsium cenderung menurun. Tingkat penyerapan kalsium bayi bisa mencapai 50% -60%, anak-anak dan remaja 30% – 40%, dewasa 20% – 30%, usia setengah baya 10 – 20%, dan usia 60 tahun keatas kurang dari 10%.

3. Fungsi pencernaan 
Sewaktu ekskresi (pengeluaran) asam lambung normal, tingkat penyerapan kalsium tinggi. Bagi mereka yang mengalami gangguan fungsi pencernaan (ekskresi asam lambung tak cukup) maka penyerapan kalsium relatif lebih sedikit.
Komposisi zat-zat tertentu dalam makanan :
Asam oksalat dalam bayam dapat bersatu dengan kalsium dan berubah menjadi kalsium oksalat yang sulit diurai, dan ini menghambat penyerapan kalsium ke dalam tubuh. Asam nabati pada padi-padian dan serat dalam makanan juga tidak baik bagi penyerapan kalsium.

Unsur yang dapat meningkatkan penyerapan kalsium :
1. Berbagai zat dalam makanan 
Protein, asam amino, vitamin D3, dan laktat dapat meningkatkan penyerapan kalsium.

2. Keadaan tubuh
Olahraga dan aktivitas fisik yang memadai dapat membantu penyerapan kalsium di dalam tulang.


Jenis-jenis kalsium di pasaran
Di pasaran tersedia beragam produk suplemen kalsium. Umumnya produk memiliki komposisi produk yang terbagi dalam dua kelompok kalsium, yaitu kalsium non-organik dan organik. Kalsium non-organik contohnya kalsium fosfat, CA(HCO3)2, C3S, dan kalsium yang terbuat dari sumber kulit kerang dan sejenis kerang. Sedangkan kalsium organik diantaranya termasuk kalsium glukosa glukonat, kalsium sitrat, SM5, kalsium threonat, AA-Ca (Asam Amino Calsium).

Cara memilih suplemen kalsium

Jenis kalsium yang baik harus memenuhi standar sebagai berikut:
  1. Daya urai (penguraian oleh air) yang tinggi.
  2. Tingkat penyerapan yang tinggi oleh saluran usus.
  3. Tingkat penggunaan biologis yang baik.
  4. Kandungan logam yang rendah.
Selain itu, konsumen juga harus memperhatikan beberapa hal berikut.:
  1. Tingkat penguraian kalsium berbeda akan mempengaruhi penyerapan kalsium, bisa menimbulkan sembelit pada orang tua, dan reaksi tak baik lainnya.
  2. Pada beberapa kalsium, tingkat PH penguraian oleh air sangat tinggi, dan bersifat sangat merangsang saluran pencernaan, setelah dikonsumsi lambung terasa panas, sehingga akan menimbulkan luka pada saluran pencernaan anak-anak.
  3. Kandungan logam pada kalsium tertentu seperti zat timbal, merkuri dan arsenik sering melebihi standart yang ditentukan. Jadi sewaktu memilih harus sangat berhati-hati.

Saran

Dari berbagai referensi yang menjelaskan jenis kalsium, kami berkesimpulan kalsium jenis AA-Ca adalah yang terbaik saat ini dengan keunggulan sebagai berikut :

  • Tingkat penyerapan tinggi. AA-Ca termasuk sumber kalsuim baru yang benar-benar bersifat aktif biologis. Tingkat penyerapan dan penggunaanya berkisar antara 75% – 90% ke atas. Lebih tinggi dibanding dengan kalsium pada umumnya : 60% – 80%. Kalsium susu hanya terserap sekitar 60%. Selain tiu struktur AA-Ca stabil sehingga tidak mudah bersatu dengan asam oksalat dan asam nabati di dalam saluran usus manusia sehinnga tidak menimbulkan kehabisan kalsium secara brlebihan.
  • Penyerapan AA-Ca tidak memerlukan vitamin D3 yang harus ada dalam penyerapan kalsium pada umumnya. Hal ini disebabkan karena proses penyerapan AA-Ca tidak memerlukan transportasi protein kalsium. Sedangkan fungsi fisiologis utama vitamin D3 adalah untuk menyatukan dan mengaktifkan penyatuan protein kalsium
  • Daya gabung AA-Ca dengan tulang sangat tinggi, tujuh kali lipat dari pada jaringan lainnya, sehingga tak dapat menimbulkan penyakit pembentukan batu di dalam jaringan.pada waktu bersamaan mempertinggi tingkat penggunaan kalsium di dalam tubuh. Saat ini , merupakan suplemen kalsium generasi baru yang ideal, aman dan handal.
  • Kalsium jenis ini bersifat netral, sehingga tak merangsang saluran pencernaan. Dalam proses penyerapannya tidak mempengaruhi sekresi asam lambung, juga tidak mempengaruhi sekresi normal asam lambung dan cairan pencernaan lainnya.
  • Tubuh paling siap untuk menyerap kalsium dan membangun massa tulang sebelum usia 35 tahun. Namun tetap tidak terlambat untuk meningkatkan asupan kalsium. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa - bahkan pada usia 65 sekalipun-mengonsumsi suplemen kalsium dan makanan tinggi kalsium membantu menjaga kepadatan tulang dan menurunkan resiko patah tulang. 

Michael Suryahananto

Agen Resmi Terpercaya, SMS / WA : 08157.136868, Pin BB : D85552EA, bersertifikat BPOM, Halal MUI.

Peninggi / Pelangsing / Pemutih / Penggemuk Ready, klik disini

Testimoni Pengiriman Pasti Sampai @Sehatitunomer1, klik disini

Peluang Usaha (Member), klik disini

Cara Pemesanan (Order), klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar